12.408 Warga Sumenep Tercatat Sebagai Pengangguran

oleh -25 views
https://seputarmadura.com/wp-content/uploads/2019/10/12408-Warga-Sumenep-Tercatat-Sebagai-Pengangguran-.jpg
Ilustrasi

Seputarmadura.com, Sumenep, Senin 14 Oktober 2019- Sebanyak 12.408 warga Sumenep, Madura, Jawa Timur, tercatat sebagai pengangguran atau pencari kerja.

Berdasarkan data di Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumenep, 12.408 pencari kerja itu merupakan sisa tahun sebelumnya yang belum mendapat pekerjaan sekitar 11 ribuan dan sisanya pencari kerja sejak Januari hingga Oktober 2019.

“Para pencari kerja tersebut sebagian besar lulusan SMA dan sarjana strata satu (S1) yang belum mendapatkan pekerjaan. Untuk lulusan kuliah yang mengambil kartu tanda pencari kerja (AK-1) sekitar 500-an,” kata Kasi Informasi dan Pasar Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumenep, Andrie Zulkarnain, Senin 14 Oktober 2019.

Jumlah pencari kerja, kata Andrie, diperkirakan akan terus bertambah, karena beberapa Perguruan Tinggi Swasta baru meluluskan mahasiswanya pada Oktober ini.

“Kami yakin pencari kerja akan terus bertambah. Mahasiswa yang baru lulus dari Universitas yang ada di Sumenep, rata-rata belum mengambil AK-1 ke Dinas Ketenagakerjaan,” paparnya.

Untuk menyediakan lapangan kerja, Andrie menyampaikan bahwa tanggal 30 Oktober nanti, akan digelar job fair.

“Kita undang perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Silahkan pencari kerja manfaatkan job fair tersebut,” tukasnya. (Yan/Nit)