Polres Sumenep Gelar Pelatihan Basic Life Support

oleh -3 views

Seputarmadura.com, Sumenep, Selasa 22 November 2022 Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar pelaksanaan kegiatan pelatihan Basic Life Support (BLS) guna meningkatkan kemampuan para anggota dalam melaksanakan tugas di lapangan. Kegiatan di lapangan apel Sanika Satyawada Polres Sumenep itu diikuti ole seluruh personil, sekira pukul 07.00 Wib, Selasa, 22 November 2022.

Basic Life Support (BLS) ini merupakan pelatihan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang agar mampu melakukan Resuitasi Jantung Paru (RJP) dengan segera pada saat melihat atau menemukan seseorang yang mengalami henti jantung sebelum bantuan medis tiba.

Tampak hadir dalam kegiatan Basic Life Support (BLS) Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko, S.H., S.I.K., M.H., Wakapolres Kompol Soekris Trihartono, S.Sos, Pejabat Utama Polres, Anggota Polri dan ASN Polres Sumenep.

Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko menyampaikan, bahwa hari ini diadakan pelatihan Basic Life Support (BLS) dengan pelatih dari Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya.

“Nanti akan diberikan tehniknya bagaimana caranya menolong orang terkena serangan jantung, korban tenggelam, korban kecelakaan di jalan atau dimanapun tempatnya, bagaimana cara menolong orang yang kakinya patah dan sebagainya, agar materi yang disampaikan dan disajikan oleh tim disimak dengan baik,” kata Kapolres.

Sementara Dokter Aulia Dewi, Sp.EM dari Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya menuturkan dalam melakukan pertolongan prinsipnya ada 3 (tiga) A, pertama amankan diri penolong, kedua amankan lingkungan dan ketiga amankan pasien.

“Langkah berikutnya tehnik LDR ( Lihat, Dengar, Rasakan) untuk mengetahui lebih awal apakah korban tersebut masih bernafas atau tidak, selanjutnya perlu diberikan bantuan pernafasan serta permintaan bantuan pertolongan dari orang – orang disekitarnya,” tuturnya.

Tujuan pelatihan Basic Life Support (BLS) ini adalah memberikan bekal pengetahuan kepada personil Polri untuk tugas dilapangan dalam penanganan kejadian kecelakaan sebelum tim medis datang. (Nt/Hen)