Minggu Ketiga Tanam Gunakan Jagung Jenis Pertiwi 6, Ini Penjelasan Babinsa Ganding

oleh -5 views

Seputarmadura.com, Sumenep, Minggu 20 November 2022 Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan Kodim 0827/Sumenep, Babinsa Koramil 0827/08 Ganding Serda Trio Mustofa terus mendampingi petani dalam meningkatkan produksi jagung Hibrida di wilayah Desa Bataal Timur, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Minggu, 20 November 2022.

Di minggu ketiga kali ini, penanaman jagung menggunakan jenis pertiwi 6 dilahan seluas 1 hektare milik Abusiri.

Babinsa Serda Trio Mustofa mengatakan, bahwa pihaknya sedang mendampingi warga yang sedang melakukan proses penanaman jagung milik Bapak Abusiri seluas 1 hektar dengan bibit jagung Hibrida jenis pertiwi 6 di minggu ke 3.

Ia menyebut jagung jenis pertiwi 6 tersebut memiliki keunggulan yakni spesifikasinya dalam hal pipil dan silase.

“Di minggu ke tiga kali ini kami bersama petani menggunakan bibit jagung hibrida jenis pertiwi 6 yang unggul dan spesifik di pipil dan silasenya, dan varietas ini dipilih karena karakteristik yang dinilai cocok untuk kondisi geografis Kabupaten Sumenep,” ungkap Serda Trio Mustofa.

Selain buah, kata Babinsa Serda Yrio Mustofa, batang dari varietas ini juga cocok untuk pakan ternak sapi, mengingat populasi sapi di Kabupaten Sumenep.

“Varietas ini teruji kualitasnya bagus, selain dikonsumsi, juga cocok untuk pakan ternak sapi karena karakteristik daun yang lebar, tongkol yang besar dan batang yang besar,” tambahnya.

Kegiatan seperti ini lanjutnya diharapkan bisa diikuti oleh kelompok tani di desa desa lain yang ada di Kecamatan Ganding Apalagi, saat ini sedang musim hujan.

“Saya harap dengan ketahanan pangan jagung ini, dapat di contoh kelompok tani di desa lain, sehingga dapat meningkatkan perekonomian mereka,” tutup Serda Trio Mustofa. (Red)