Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Sumenep Dikukuhkan

oleh -12 views

Seputarmadura.com, Sumenep, Rabu 23 Mei 2023 Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Sumenep, Madura, Jawa Timur, dikukuhkan.

Pengukuhan TPAKD itu dilakukan Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, bersamaan dengan Forum Group Discussion, di Kantor Bupati setempat. Selasa, 23 Mei 2023.

“TPAKD menjadi bagian penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, mendorong keadilan sosial, meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat melalui inklusi dan literasi keuangan,” ujar Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Bupati berharap TPAKD mampu mengoptimalkan potensi sumber dana daerah, dalam upaya mendorong pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan akses keuangan.

“Kami mengharapkan TPAKD mewujudkan ketersediaan akses yang seluas-luasnya bagi masyarakat, dengan mendorong peningkatan peran industri jasa keuangan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah,” tutur Bupati.

Bupati mengungkapkan, TPAKD mencari terobosan dalam membuka akses keuangan yang lebih produktif kepada masyarakat, supaya masyarakat pelaku usaha lebih mudah untuk mendapatkan pendanaan pengembangan usahanya.

“TPAKD untuk mencari formulasi yang sesuai dengan regulasi supaya masyarakat tidak kesulitan mendapatkan penguatan modal usaha, sehingga mereka terhindar dari rentenir yang berkedok jasa keuangan,” ungkapnya.

Selain itu, keberadaan TPAKD juga harus mampu menggali potensi ekonomi daerah yang bisa dikembangkan, dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan kepada masyarakat, seperti nelayan, pelaku UMKM dan pedagang pasar.

“TPAKD hendaknya meningkatkan kerja sama kelembagaan, sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi ekonomi dan sumber dana daerah, dalam rangka memperluas penyediaan pendanaan produktif bagi pembangunan ekonomi di Kabupaten Sumenep,” pungkas Bupati.

Sekedar diketahui Bupati Achmad Fauzi telah mengukuhkan TPAKD Kabupaten Sumenep, di Ruang Rapat Graha Arya Wiraraja lantai II Kantor Bupati, dan pembentukannya merupakan yang pertama di wilayah Madura. (Yun/Hen)