Seribu Ketupat Urap Semarakkan Festival Ketupat Sumenep 2019

oleh -3 views

Seputarmadura.com, Sumenep, Rabu 12 Juni 2019- Seribu ketupat urap semarakkan Festival Ketupat 2019, di Pantai Slopeng, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (12/6/2019).

Ketupat urap gratis dibagikan kepada para pengunjung yang datang ke Pantai Slopeng dalam rangka menyemarakkan Pesta Rakyat dan Festival Ketupat 2019.

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim mengatakan, Pesta Rakyat dan Festival Ketupat diadakan selain menyukseskan Kunjungan Wisata (Visit Sumenep) 2019, juga ikhtiar untuk menjaga dan mengembangkan tradisi masyarakat setiap Hari Raya Idul Fitri.

Dalam kegiatan itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melibatkan langsung warga terutama yang berada di sekitar objek wisata Pantai Slopeng supaya menyiapkan kebutuhan ketupat.

“Kami selaku pemerintah daerah bekerjasama dengan masyarakat guna pemberdayaan ekonomi di sekitar objek wisata untuk menyiapkan kebutuhan 1000 porsi ketupat urap yang diberikan gratis kepada pengunjung,” tutur suami Nurfitriana ini, Rabu (12/6/2019).

Hadir dalam festival Kupatan, Bupati Sumenep Dr KH. A Busyro Karim, M.Si, bersama ketua PKK kabupaten wakil Bupati Acmad Fauzi, SH, bersama Ibu, Sekretaris Daerah kabupaten Sumenep, Dandim Sumenep bersama Ibu, perwakilan dari Polres Sumenep, Kajari Sumenep, Para OPD, Camat sekabupaten Sumenep, staf dilingkungan pemkab Sumenep.

Kegiatan tersebut diawali dengan Tari Topa’ Lobar dan pembagian ketupat kepada para pengunjung oleh Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, M.Si.
Makanan yang disediakan berupa soto, rujak, campun dan semacammya.

Bupati juga menegaskan, kupatan merupakan suatu perayaan tradisi jawa pada umumnya termasuk Madura, dengan latar belakang menjalin silaturrahim yang lebih erat antar sesama Muslim.

“Kupatan merupakan suatu rangkaian tradisi turun temurun yang dilakukan oleh ummad Islam dalam rangka memperrerat tali silaturrahim, dengan cara saling antar ketupat ke setiap tetangga dan handaitolan,” kata Bupati Busyro.

Diharapkan dengan terselenggaranya even kupatan ini ada suatu kelanjutan dimana perkembangan destinasi wisata Pantai Slopeng benar-benar menjadi tempat wisata yang diminati oleh wisatawan.

“Target even yang di selenggarakan ini, bukan hanya orang madura saja yang hadir ke Pantai Slopeng akan tetapi orang luar madura bahkan manca Negara bisa hadir ke wisata yang ada di kabupaten Sumenep,” papar Busyro.

Suami Nurfitriana ini menambahkan, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Pemerintah memberikan semangat atau stimulan kepada masyarakat agar meningkatkan perekonomiannya melalui sektor kuliner masakan lokal yang di ramu dengan cita rasa khas Madura,” ungkapnya.

Bupati mengakui dengan penyajian seribu porsi ketupat secara gratis bagi pengunjung ini juga dimaksudkan selain mengenalkan kembali kuliner khas Sumenep (Madura) juga untuk meningkatkan wisatawan lokal dan domistik.

”Peningkatan pendapatan di sektor wisata juga harus diimbangi dengan peningkatan ekonomi masyarakat. Itu yang kita lakukan,” pungkasnya. (Nit)