Kunker di Sumenep, Menparekraf Sandiaga Uno Datangi Desa Wisata Keris Aeng Tong-tong

oleh -49 views

Seputarmadura.com, Sumenep, Selasa 24 Mei 2022 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Selasa, 24 Mei 2022.

Dalam kunjungannya, Sandiaga Uno mendatangi destinasi wisata keris di Desa Aeng Tong-tong, Kecamatan Saronggi.

Desa tersebut masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 50 Desa Wisata terbaik.

Sandiaga Uno dalam lawatannya melakukan tanda tangan di prasasti sebagai bentuk Desa Keris yang terletak di Desa Aeng Tongtong yang dinobatkan sebagai 50 wisata terbaik.

Desa Aeng Tontong merupakan wisata keris bahkan sudah diakui oleh Unesco. Oleh sebab itu, Sandi, mengajak kaum milenial untuk tetap melastarikan warisan budaya puluhan tahun silam.

“Ini adalah salah satu tugas say. Jadi kita akan membumikan keris ini,” kata Sandi.

Bahkan, kata Sandi, keris Sumenep akan dijadikan souvenir di G20 secara teknis nantinya akan koordinasi dengan Bupati karena membutuhkan waktu.

“Secara teknis tadi saya berkoordinasi dengan Bupati karena butuh waktu untuk membangun keris ini. Karena G20 hanya diikuti 20 negera makanya pesan 20 saja,” terangnya.

Keris Sumenep ini akan dipamerkan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022 mendatang di Bali.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi merasa senang dan menyampaikan terima kasih atas support Menparekraf untuk memperkenalkan keris Aeng Tong-tong di acara G20.

“Ini sangat menarik dan merupakan kabar baik. Kami pasti support kalau keris Aeng Tong-tong dijadikan souvernir G20,” ujarnya.

Untuk diketahui, G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). G20 merepresentasikan lebih dari 60 persen populasi bumi, 75 persen perdagangan global, dan 80 persen PDB dunia.

Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022 di Bali.

Anggota G20 adalah negara maju dan negara berkembang yang memiliki tingkat pendapatan menengah dan tinggi

Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, China, Turki, dan Uni Eropa. (Yun/Hen)