Dirikan Yayasan Millenial Madura Modal Awal Donny M Siradj Membangun Sumenep

oleh -53 views
https://seputarmadura.com/wp-content/uploads/2019/11/Dirikan-Yayasan-Millenial-Madura-Modal-Awal-Donny-M-Siradj-Membangun-Sumenep.jpg
Donny M Siradj Launching Yayasan Millenial Madura (YMM) Berkonsep “Toron Yuk, Bangun Sumenep”

Seputarmadura.com, Sumenep, Jumat 8 November 2019- Tekad bulat dan adanya dukungan dari para kiyai dan masyaikh, Donny M Siradj akhirnya mendirikan Yayasan Millenial Madura (YMM), berkonsep “Toron Yuk, Bangun Sumenep”.

YMM ini sebagai modal awal Donny M Siradj untuk membangun kabupaten paling ujung pulau madura ini, setelah berkeliling dalam dan luar Negeri selama 14 tahun. Yayasan tersebut secara resmi di launching Jumat Sore, 8 November 2019.

Donny yang merupakan putra asli daerah Sumenep ini menuturkan, penerapan konsep tersebut dengan mendirikan Yayasan Millenial Madura (YMM). Tujuanya membangun Sumber Daya Manusia 4.0 yang berkualitas sejalan dengan visi pemerintah saat ini.

“Yayasan Milenial Madura akan konsen pada bidang Keagamaan, Sosial Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, dan Lingkungan hidup,” ujarnya, saat Launching YMM di Jalan Jaksa Agung Suprapto Nomor 6, Kelurahan Pajagalan, Kecamatan Kota Sumenep, Jumat, 8 November 2019.

Yayasan Milenial Madura akan menjalin kerjasama dengan stakeholders utama di Sumenep, yaitu dengan pesantren-pesantren membangun konsep pemberdayaan produktif ekonomi keummatan dengan memanfaatkan somber pendanaan zakat infak sedekah dan wakaf, contohnya program smart agriculture dan smart fisheries.

“YMM akan menjembatani pendirian Rumah Siap Kerja untUk kaum muda agar memiliki keahlian berwirausaha atau sebelum memasuki dunia kerja,” tuturnya.

Donny mengakui jika Kabupaten Sumenep memiliki wilayah Kepulauan yang tentunya harus diperhatikan secara khusus.

“Makanya khusus bidang pendidikan, contohnya YMM sudah merancang pembelajaran terbuka berbasis elektronik, untuk pemerataan pendidikan di daerah kepulauan atau pesisir. Yayasan Milenial Madura juga akan merancang program kesehatan masyarakat berkelanjutan,” paparnya.

Seperti sosialisasi masalah penyakit, donor darah, serta penyediaan ambulan gratis. Saat ini sedang merancang aplikasi android kesehatan yang fungsinya untuk mempercepat tindakan-tindakan medis serta konsultasi kesehatan gratis, baik itu di kepulauan maupun di daratan. Program prioritas bidang ini akan berkesinambungan dengan bidang kesehatan terkait tata kelola lingkungan sehat.

Untuk visi besar dari program-program prioritas tersebut bertujuan meningkatkan kualitas hidup dan kualitas SDM 4.0. Untuk mencapai visi tersebut Yayasan Milenial Madura berkolaborasi dengan berbagai pihak. Di Sumenep YMM berkolaborasi dan didukung oleh para Kiyai dan masyaikh Seperti KH. Muqsith Idris (Ponpes Annuqayah), KH. Fauzi Tidjani (Ponpes Al-Amien), KH. Taifur Ali Wafa (Ponpes As Sadad), KH. Ramdhan Siradj (Ponpes Nurul Islam), KH. Taufiqurrahman FM (Ponpes Mathlabul Ulum), dan dukungan kyai millenial kita KH. Fikri Warits (Ponpes Annuqayah).

Di Tingkat Pusat YMM didukung oleh Papa online kita Sandiaga Uno dan Ustadz Abdul Somad( UAS). YMM juga membangun komunikasi intemasional, salah satunya ke Imam Syamsi Ali dengan Yayasan Nusantaranya di Amerika Serikat dan Komunitas Masyarakat Islam Indonesia (KMII) Jepang.

“Kolaborasi Internasional ini kita harapkan juga akan membawa diaspora Madura untuk ikut berkontribusi membangun Sumenep,” harapnya. (Nit)