Babinsa Koramil 0827/06 Saronggi Bersama Warga Hancurkan Gulma 

oleh -0 views
https://seputarmadura.com/wp-content/uploads/2019/07/Babinsa-Koramil-0827-06-Saronggi-Bersama-Warga-Hancurkan-Gulma-.jpg
Babinsa Koramil 0827/06 Saronggi Bersama Warga Hancurkan Gulma

Seputarmadura.com, Sumenep, Minggu 7 Juli 2019- Babinsa Koramil 0827/06 Saronggi Kodim 0827 Sumenep, Madura, Jawa Timur, Babinsa Desa Muangan Serka M.Jufri bersama warga binaan melaksanakan perawatan dan pemeliharaan tanaman padi guna pencapaian Upsus yang maksimal. Itu dilakukan dengan menghancurkan gulma di lahan Maskawi di dusun Solot Desa Muangan, Kecamatan Saronggi, agar panen padi nantinya sesuai target, Minggu ( 7/7/2019).

Gulma merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu produktivitas tanaman padi. Gulma merupakan rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman yang kita budidayakan, yang kehadirannya selalu mengganggu pertumbuhan tanaman.

Pada tanaman padi,  tanaman gulma ini biasanya berbentuk rumput yang menyerupai padi, atau sering disebut jawan padi. Gulma pada tanaman harus segera ditanggulangi agar pertumbuhan tanaman bisa berjalan dengan baik.

Serka M. Jufri mengatakan, gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi pada tanaman padi sawah. Persaingan gulma dengan padi dalam masa pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen.

“Gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya,” katanya, Minggu (7/7/2019).

Penyiangan dengan alat (landak) di beberapa tempat masih digunakan walaupun cara penggunaan alat ini sudah banyak ditinggalkan karena memerlukan banyak tenaga.

“Mengingat cara kerjanya yang sederhana sebagian masyarakat masih tetap menggunakanya, untuk itu kami selalu memotivasi dan mengajak para petani di wilayah binaan supaya lebih rutin dalam merawat dan memelihara tanaman padi, termasuk dalam mengendalikan gulma secara modern,” ujarnya.

Maskawi pemilik lahan sawah yang mendapat bantuan pendampingan pembersihan rumput di sela-sela tanaman padi oleh Babinsa mengucapkan banyak terima kasih.

“Berkat pak Babinsa membantu di sawah saya, kegiatan bisa terbantu sehingga kebersihan dari tanaman pengganggu (gulma) bisa tercapai,” ucapnya.

Pada kesempatan lain, Danramil 0827/06 Saronggo juga menambahkan, pendampingan Babinsa pada petani merupakan tugas tambahan dari pemerintah akan peningkatan hasil pangan.

“Babinsapun harus bisa menguasai ilmu pertanian guna membantu warganya dan penguasaan wilayah serta menyatu dengan rakyat untuk mencapai kemanunggalan TNI Rakyat sebagai kekuatan bangsa,” ungkap Danramil. (Red)