Awal Musim Hujan di Sumenep Diperkirakan Desember Mendatang

oleh -28 views
https://seputarmadura.com/wp-content/uploads/2019/10/Awal-Musim-Hujan-di-Sumenep-Diperkirakan-Desember-Mendatang.jpg

Seputarmadura.com, Sumenep, Selasa 8 Oktober 2019- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, memprediksi awal musim hujan pada tahun 2019 diperkirakan terjadi pada Desember mendatang.

“Prakiraan awal musim hujan kali ini ada perbedaan dibandingkan tahun sebelumnya. Kalau tahun 2018, awal musim penghujan terjadi pada November, tapi tahun ini pada dasarian satu dan dua, bulan Desember nanti,” kata Kepala BMKG Kalianget, Sumenep, Usman Holid, Selasa 8 Oktober 2019.

Untuk awal musim hujan ini, lanjut Usman, antara daratan dan kepulauan di Kabupaten Sumenep tidak sama. Hanya selisih satu dasarian saja.

“Musim hujan untuk wilayah kepulauan diprediksi akan terjadi pada awal Desember, sementara untuk wilayah daratan akan terjadi pada pertengahan bulan Desember 2019,” ujarnya.

Ia mengakui jika awal musim hujan mundur antara satu sampai dua dasarian. Dan itu akan terjadi di wilayah Jawa Timur. Saat ini, hingga November 2019 merupakan masa peralihan dari kemarau ke penghujan.

“Biasanya pada musim peralihan atau pancaroba, akan terjadi angin puting beliung atau angin kencang. Makanya kami mengimbau masyarakat supaya berhati-hati atas perubahan cuaca tersebut,” tukasnya. (Yan/Nit)