250 Calon Wirausaha Muda Jalani Pelatihan di Bidang Konveksi

oleh -10 views

Seputarmadura.com, Sumenep, Senin 7 Oktober 2019- Mencetak wirausaha muda yang siap bersaing dilapangan, merupakan tekad Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur. Bahkan, saat ini terdapat 250 calon wirausaha muda sedang menjalani pelatihan di bidang konveksi.

Pelatihan itu dilakukan oleh Wirausaha Muda Sumenep (WMS) atau Enterpreneurship Training and Development Centre (ETDC). Tujuannya demi mencetak dan mendidik calon wirausaha untuk berlatih dan berkreasi. Sehingga memiliki bakat dan dapat mengembangkan usahanya.

Salah satunya jenis pelatihan konveksi itu bervariasi, mulai dari pembuatan songkok, bordir, hingga pembuatan kaos dan kemeja.

Pendamping Konveksi di ETDC, Hamzari, mengatakan, para calon wirausaha itu dilatih dari awal hingga mahir. Saat ini pelatihan tahap pertama sudah selesai dilakukan selama 25 hari.

“Untuk pelatihan tahap pertama sudah selesai. Sekarang mereka diperkenalkan pada bisnis sebelum memasuki pelatihan tahap dua,” tutur Hamzari.

Ia mengakui jika sejumlah orderan sudah ada yang masuk, mulai dari kaos, kemeja dan songkok.

“Ini berkat ketekunan mereka dalam mengikuti pelatihan, meskipun pelatihan tahap pertama agak singkat, tetapi mereka cepat menyerap apa yang disampaikan pelatih,” kata Hamzari.

Dalam pelatihan itu, peserta diajari tekhnis dasar, mulai dari pengenalan mesin hingga mereka bisa mengoperasikan mesin jahit dan memproduksi kaos ataupun kemeja dengan mesin jahit itu. (Nit)