214 Personil Polres Sumenep Dikerahkan Jadi Polisi RW

oleh -34 views

Seputarmadura.com, Sumenep, Senin 22 Mei 2023 Sebanyak 214 personil Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur, resmi dikerahkan sebagai Polisi di RW. Kegiatan peresmian/launching Polisi RW bertempat di Lapangan Apel Sanika Satyawada Polres Sumenep. Senin, 22 Mei 2023.

Polisi RW adalah program dari Kepolisian Republik Indonesia yang tugas pokoknya adalah mengumpulkan informasi dari masyarakat, memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi di masyarakat, melatih serta membina agar masyarakat mampu melakukan pengamanan terhadap diri, keluarga bahkan lingkungannya dengan harapan terciptanya harkamtibmas yang baik dengan mengutamakan masyarakat itu sendiri sebagai pilar utamanya.

Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko, S.H., S.I.K., M.H., menjelaskan bahwa penerapan Polisi RW itu sebagai wujud Binmas Prediktif yang merupakan bentuk integralitas semua fungsi harkamtibmas sebagai pengemban Polmas dalam komunitas RW. Pada Program ini semua anggota Polri dari semua fungsi melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pembina Kamtibmas di tingkat RW.

“Keberhasilan Polisi RW di Sumenep akan tercapai dengan baik apabila terjalin sinergitas dan dukungan dari berbagai pihak diantaranya dukungan dari masyarakat Sumenep dan instansi terkait demi terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Sumenep,” ujarnya.

Kapolres juga berpesan kepada anggota yang bertugas sebagai Polisi RW agar membangun interaksi dan komunikasi yang konsisten dengan masyarakat, mendengarkan, menerima, berempati terhadap keluh kesah, keresahan, keinginan, harapan dan permasalahan masyarakat.

“Keamanan ditingkat RW harus benar-benar dijaga agar masyarakat merasa terayomi, aman dan kondusif,” tutupnya. (Yun/Hen)