Selama 4 Hari Disdik Sumenep Gelar GSI Tingkat SMP

oleh -21 views
https://seputarmadura.com/wp-content/uploads/2020/03/Selama-4-Hari-Disdik-Sumenep-Gelar-GSI-Tingkat-SMP.jpg
Selama 4 Hari Disdik Sumenep Gelar GSI Tingkat SMP

Seputarmadura.com, Sumenep, Rabu 4 Maret 2020- Selama 4 (empat) hari Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar seleksi kompetisi sepak bola Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten, yakni mulai Selasa hingga Jumat, 3-6 Maret 2020.

Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Carto melalui Kepala Bidang Pembinaan SMP, Edy Suprayitno mengatakan, seleksi GSI tahun sebelumnya digelar dengan cara kompetisi antar sekolah kemudian dicari yang terbaik, namun untuk tahun ini Disdik punya cara sendiri dengan turun langsung ke setiap sekolah.

“Selama ini kita menyiapkan GSI dengan cara mengadakan kompetensi antar sekolah, tahun 2020 ini kita rubah dengan turun langsung ke tiap-tiap sekolah untuk menyeleksi pemain,” ujarnya.

Selain itu kata Edy, seleksi ke tiap sekolah dilakukan untuk menjaring keterbatasan pemain, supaya bisa dimasukkan dalam starting eleven pada laga bergengsi nanti.

“Kita ingin sekolah yang hanya memiliki satu dua pemain, juga mempunyai kesempatan yang sama untuk ikut seleksi ini, untuk dilakukan penjaringan,” paparnya.

Selain itu, Edy juga menuturkan, tujuan diselenggarakannya seleksi GSI tersebut adalah untuk mencari bibit unggul di bidang persepakbolaan. Khususnya di Kabupaten berlambang kuda terbang untuk menghadapi turnamen di tingkat Jawa Timur nanti.

“Kegiatan ini kami laksanakan dalam rangka mengasah talenta siswa guna dipersiapkan dalam ajang turnamen sepakbola ditingkat Provinsi yang akan berlangsung bulan Agustus mendatang,” ujarnya.

Kendati demikian, kata Edy, dari beberapa total keikutsertaan sekolah dalam ajang kompetisi GSI tersebut, pihaknya hanya akan mengambil 18 pemain untuk diorbitkan menjadi perwakilan dari Kota Keris.

“Dalam seleksi ini kami akan mengambil 18 orang pemain, dari 18 orang tersebut akan kami berikan pelatihan khusus supaya lebih maksimal ketika pelaksanaan turnamen nanti,” tandasnya. (Yan/Nit)