Disparbudpora Targetkan PAD Tahun 2022 Capai Rp 1,5 milyar

oleh -51 views
Kepala Disparbudpora Sumenep, Moh. Iksan

Seputarmadura.com, Sumenep, Rabu 12 Januari 2022- Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2022 mencapai Rp 1,5 milyar.

“Target tahun ini naik dibanding tahun lalu yang sebesar Rp 1 miliar. Kami upayakan Rp 1,5 milyar adalah target minimal. Kalau bisa ya Rp 2 milyar,” ujar Kepala Disparbudpora Sumenep, Moh. Iksan, Rabu, 12 Januari 2022.

Menurutnya, dua tahun terahir ini dunia wisata di kabupaten ujung timur pulau Madura ini terkesan layu karena terkendala Pandemi Covid-19. Ke depan, wisata di Sumenep harus lebih maju dan berdampak positif terhadap masyarakat.

“Tahun ini harus ada peningkatan pendapatan dari wisata dan berdampak baik terhadap masyarakat. Makanya kami akan menaikkan PAD,” tandasnya.

Untuk memenuhi target tersebut, lanjut Iksan, pihaknya akan menarik kegiatan atau event yang sifatnya nasional ke Kabupaten Sumenep dan menambah fasilitas yang ada di tempat wisata. Karena hasil pantauan disejumlah objek wisata, masih banyak fasilitas yang harus ditambah. Seperti di Pantai Lombang, membutuhkan tenda dan tempat istirahat setelah pengunjung berenang di air laut.

“Nanti, kalau ada kegiatan tingkat Provinsi dan Nasional, kami tarik ke Sumenep. Minimal ada pemasukan ke PAD dan juga kami akan menambah fasilitas di tempat wisata,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya akan mengajak kerjasama pengelola objek wisata diluar Pemda. Salah satunya, tiket masuk harus di porporasi sehingga ada pemasukan ke daerah. Karena, selama ini pengelola objek wisata membuat tiket sendiri, tanpa ada porporasi. “Salah satu bentuk kerjasama kami dengan pengelola wisata non pemerintah, kami nanti berlakukan tiket harus berporporasi, agar ada pemasukan ke pemerintah,” tegasnya.

Ia berharap, semua pihak bisa mendukung kegiatan Disparbudpora demi terwujudnya keinginan bersama, utamanya yang bersangkutan dengan peningkatan PAD.

“Target kami ada kenaikan PAD, bukan kenaikan jumlah pengunjung wisata. Harapan kami ke depannya objek wisata di Sumenep, bisa menambah kesejahteraan masyarakat baik itu bagi pengelola maupun masyarakat umum,” harapnya. (Tin/Hen)