Disdik Sumenep Menyelenggarakan Pesantren Ramadhan Secara Serentak Untuk Siswa Tingkat PAUD Hingga SMP

oleh -3 views
Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Bambang Irianto

Seputarmadura.com, Sumenep, Selasa 21 Mei 2019- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menyelenggarakan Pesantren Ramadhan secara serentak untuk siswa atau anak didik mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Bambang Irianto, mengatakan, pelaksanaan kegiatan Pesantren Ramadhan ini dalam rangka mengisi aktivitas sekolah di bulan Suci Ramadhan yang mengarah pada kegiatan keagamaan agar anak didik bisa menambah atau meningkatkan derajat iman dan taqwa.

Pelaksanaan pesantren ramadhan sendiri, diselenggarakan secara serentak pada Rabu (22/5/2019) besok, mulai dari tingkat PAUD hingga SMP.

“Pesantren Ramadan kita laksanakan untuk PAUD, SD dan SMP secara serentak,” tutur mantan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman (PRKP) dan Cipta Karya ini, Selasa (21/5/2019).

Untuk pola penerapannya sendiri, lanjut Bambang, mengacu pada petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan pesantren ramadan dari Kementerian Agama tahun 2019.

“Terkait type kegiatan Pesantren Ramadhan disesuaikan dengan kondisi sekolah masing masing, dengan pembimbing diambilkan dari guru agama Disdik yang berkolaborasi dengan Kemenag,” paparnya.

Bambang mengungkapkan, Dinas Pendidikan Sumenep terus berusaha membentuk generasi muda yang peka terhadap perkembangan zaman, dengan menerapkan pendidikan berbasis IT yang berakhlakul karimah.

“Kita ingin mencetak generasi muda yang melek IT, tapi tetap menjunjung tinggi Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Allah SWT,” pungkasnya. (Nit)