Budaya Lokal Sumenep Sambut Kunjungan Wisatawan Mancanegara

oleh -2 views
https://seputarmadura.com/wp-content/uploads/2019/07/Budaya-Lokal-Sumenep-Sambut-Kunjungan-Wisatawan-Mancanegara.jpg
Budaya Lokal Sumenep Sambut Kunjungan Wisatawan Mancanegara

Seputarmadura.com, Sumenep, Jumat 12 Juli 2019- Budaya lokal yang dimiliki Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, disajikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, dalam rangka menyambut sebanyak 90 wisatawan mancanegara (wisman), Jumat (12/7/2019).

Para Wisman itu berasal dari Meksiko, Spanyol, Filipina dan Italia. Mereka datang ke Sumenep guna mengunjungi dan menikmati beberapa objek wisata dan budaya lokal.

“Sajian budaya lokal seperti seperti tari topeng dan musik tong-tong ini sengaja dijadikan penyambutan kepada para tamu wisatawan mancanegara,” terang Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Carto, Jumat (12/7/2019).

Kedatangan puluhan wisman itu menggunakan kapal pesiar Silver Discoverer melalui Pelabuhan Kalianget. Mereka datang untuk mengunjungi sejumlah objek wisata dan budaya lokal di Kecamatan Kota dan Bluto.

“Kami sediakan transportasi khusus bagi wisman tersebut. Kami ingin menunjukkan kalau Sumenep benar-benar komitmen meningkatkan wisata. Kami tidak ingin kunjungan wisatawan mancanegara ini ada catatan yang kurang baik utamanya dalam segi penyambutan,” paparnya.

Untuk di Kecamatan Kota Sumenep, lanjut Carto, wisatawan mancanegara itu menikmati sejumlah objek wisata diantaranya Masjid Jamik dan Pendopo Agung Keraton seperti Museum dan Taman Sare.

“Selama di Pendopo Agung Keraton Sumenep, Wisman itu dihibur dengan berbagai seni dan budaya lokal, seperti tari topeng dan musik tong-tong. Termasuk menikmati menu kuliner khas Sumenep diantaranya korket, getas dan apen, serta kerajinan keris dan batik sekaligus proses cara membuatnya,” tuturnya.

Carto juga mengungkapkan, setelah menikmati wisata Keraton dan penampilan aneka seni dan budaya, wisman melanjutkan perjalanan menuju ke Kecamatan Bluto untuk menyaksikan kerapan sapi.

“Kunjungan wisman kali ini kami (Disparbudpora Sumenep, Red) bekerjasama dengan Cruis Destinasi Asia Bali dalam rangka promosi menghadirkan wisatawan mancanegara untuk melakukan city tour bertema Sumenep Historical Sites. Kedepan kami akan melakukan kerjasama dengan biro travel untuk menarik wisman berkunjung ke wisata Sumenep,” pungkasnya. (Yan/Nit)