Babinsa Koramil 0827/22 Masalembu Melaksanakan Komsos Sambil Bantu Nelayan Membuat Rumpon

oleh -5 views

Seputarmadura.com, Sumenep, Jumat 24 Mei 2019- Babinsa Koramil 0827/22 Masalembu, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Sertu Sujoko membantu nelayan dalam pembuatan rumpon alat tangkap ikan ramah lingkungan, di Dusun Ketapang Desa Masakambing Kecamatan Masalembu, Jumat (24/5/2019).

Rumpon merupakan rumah ikan yang disiapkan/dipasang oleh nelayan sebagai tempat berkumpul ikan sehingga memudahkan nelayan dalam menangkap ikan.

Prajurit TNI ini mengaku, mengetahui sebagian nelayan di Desa Masakambing itu telah menggunakan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan, setelah dirinya berkunjung ke sejumlah kampung nelayan di wilayah Kecamatan Masalembu.

Bahkan, Babinsa ini sempat membantu nelayan membuat rumpon di desa binaan yang dikunjunginya.

“Saya mengunjungi kampung nelayan, karena ingin memastikan apakah para nelayan sudah mulai pergi melaut, karena kalau tidak melaut berarti tidak mempunyai penghasilan, hal ini bisa menimbulkan kerawanan terhadap stabilitas keamanan di wilayah,” kata Sertu Sujoko, Jumat (24/5/2019).

Alat tangkap ikan jenis rumpon memang termasuk alat tangkap yang ramah lingkungan, bahkan disarankan oleh pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Terpisah, Danramil 0827/22 Masalembu Kapten Arm Joko Purnomo mengungkapkan, kegiatan Babinsa dalam membantu masyarakat untuk membuat rumpon ini bertujuan agar masyarakat bisa mencari ikan lagi.

“Kegiatan ini juga merupakan suatu bentuk serbuan teritorial yang bertujuan guna memupuk rasa kecintaan masyarakat kepada TNI khususnya Koramil 0827/22 Masalembu,” paparnya.

Kapten Arm Joko Purnomo juga menambahkan, pihaknya selalu berpesan kepada para nelayan agar berhati – hati saat berangkat mencari ikan.

“Kita selalu berpesan agar hati–hati saat para nelayan umumnya pergi melaut, kalau cuaca buruk sebaiknya ditunda saja keberangkatannya demi keselamatan,” tutup Kapten Arm Joko Purnomo. (Red)