Babinsa Koramil 0827/11 Pasongsongan Bantu Petani Monitoring Pertumbuhan Tanaman Jagung

oleh -0 views

Seputarmadura.com, Sumenep, Kamis 23 Mei 2019- Babinsa Koramil 0827/11 Pasongsongan, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Koptu Imam Kambali ikut membantu petani memonitoring tanaman jagung milik Bapak Suparjo di Desa Lebeng Barat Kecamatan Pasongsongan, Rabu (22/5/2019).

“Pendampingan Babinsa kepada petani dalam pengecekan tanaman jagung jenis Pioner Tongkol Dua ini bertujuan untuk menjaga kesuburan tanaman, sehingga nantinya akan menghasilkan panen yang maksimal,” kata Koptu Imam Kambali.

Dijelaskannya, benih bermutu merupakan syarat utama untuk mendapatkan panen yang maksimal. Disebut benih bermutu, antara lain karena jenisnya murni, bernas, kering, sehat, bebas penyakit dan campuran biji rumput yang tidak dikehendaki. Kriteria ini biasanya menghasilkan tanaman sehat, kekar, kokoh dan pertumbuhan yang seragam.

Dengan monitoring yang rutin, maka tidak saja perkembangan dan kesuburan tanaman yang akan diketahui, tetapi juga bisa mewaspadai penyebaran hama pada tanaman.

Pendampingan yang diberikan merupakan salah satu cara dalam upaya menyukseskan program swasembada pangan nasional, khususnya di jajaran Koramil 0827/11 Pasongsongan.

Danramil 0827/11 Pasongsongan Kapten Inf Abdurahman menambahkan, dengan pengecakan serta pendampingan secara rutin dan intesif oleh para Babinsa, maka pertumbuhan tanaman jagung yang diusahakan petani, akan semakin bagus dan diharapkan panen jagung juga akan semakin meningkat.

“Monitoring ini, untuk menyemangat semua petani agar lebih giat memperhatikan tanaman jagung yang sudah ditanam. Dengan diperhatikan secara terus menerus maka akan menghasilkan buah jagung yang berkualitas,” ujar Kapten Inf Abdurahman.

Dengan hadirnya Babinsa dilapangan, tentunya akan menambah semangat para petani dalam melakukan proses produksi.

“Sehingga hasil panen meningkat dengan sendirinya percepatan pencapaian swasembada pangan di wilayah dapat
terwujud,” tutup Kapten Inf Abdurahman. (Red)