Babinsa Koramil 0827/01 Kota Sumenep Bantu Petani Menyiangi Rumput Tanaman Padi

oleh -0 views
https://seputarmadura.com/wp-content/uploads/2019/08/Babinsa-Koramil-0827-01-Kota-Sumenep-Bantu-Petani-Menyiangi-Rumput-Tanaman-Padi.jpg
Babinsa Koramil 0827/01 Kota Sumenep Bantu Petani Menyiangi Rumput Tanaman Padi

Seputarmadura.com, Sumenep, Jumat 9 Agustus 2019- Babinsa Koramil 0827/01 Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur, Serka Sugeng Siswanto membantu petani penyiangan rumput di areal sawah milik Ibu Soniya Desa Kolor Kecamatan Kota setempat, Jumat (9/8/2019).

Rumput di sekitar tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu dan menghambat pertumbuhan padi itu sendiri. Akibatnya tanaman menjadi kurang subur. Rumput bisa menutupi pertumbuhan padi, yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat, bahkan bisa mati.

Penyiangan tanaman padi jenis Ciherang ini bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari.

“Selain itu tanaman padi yang tumbuh harus mendapatkan semua nutrisi dan pengairan secara optimal,” ujarnya, Jumat (9/8/2019).

Dalam rangka mendukung program Swasembada Pangan Nasional, Koramil 0827/01 Kota melalui para Babinsanya terus berupaya memberikan motivasi kepada para petani dengan cara memberikan pendampingan turun langsung ke sawah membantu petani di wilayah binaannya masing-masing.

Di tempat terpisah Danramil 0827/01 Kota Kapten Inf Sarkun mengatakan, dengan adanya pendampingan petani yang dilakukan oleh anggotanya diharapkan dapat memotivasi para petani dalam mengolah lahan pertaniannya, sehingga produksi tani khususnya Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale) terus mengalami peningkatan.

Lebih lanjut Kapten Inf Sarkun menambahkan, idealnya para Babinsa selalu bersinergi dengan PPL setempat dalam kegiatan pendampingan, akan tetapi hal ini susah dilakukan setiap hari, mengingat para PPL dan Babinsa disamping tugas pendampingan juga mempunyai tugas-tugas lain yang harus tetap dilaksanakan.

“Bila memungkinkan Babinsa dan PPL bisa turun ke sawah bersama-sama membantu petani, sehingga hasilnya akan lebih maksimal,” papar Kapten Inf Sarkun. (Red)