Babinsa Dituntut Mampu Menguasai Desa Binaan

oleh -15 views
https://seputarmadura.com/wp-content/uploads/2020/03/Babinsa-Dituntut-Mampu-Menguasai-Desa-Binaan.jpg
Babinsa Dituntut Mampu Menguasai Desa Binaan

Seputarmadura.com, Sumenep, Selasa 10 Maret 2020- Dalam rangka meningkatkan perkembangan di masyarakat, dan silatuhrami Babinsa harus mampu menguasai desa binaanya.

Dalam rangka menguasai hal tersebut  Babinsa dituntut harus aktif dan giat melaksanakan pembinaan wilayah.

Hal ini yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 0827/05 Lenteng Serka Juli Teguh melaksanakan komunikasi sosial (komsos) bersama warga binaanya di rumah Bapak Saleh warga Desa Elakdaya Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Selasa, 10 Maret 2020.

Kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa Serka Juli teguh kali ini bertujuan meningkatkan silaturahmi dan keharmonisan dengan warga binaan sekaligus untuk menggali informasi yang diperlukan oleh satuan maupun aspirasi warga.

“Sudah semestinya seorang Babinsa harus selalu ada di tengah-tengah warga binaannya agar komunikasi dengan warga dapat terjalin dengan baik,” ujar Serka Juli Teguh.

Dengan komunikasi yang baik, maka berbagai informasi yang terjadi dapat terdeteksi secara dini dan cepat tentukan langkah untuk menyelesaikannya.

“Jalinan silaturahmi yang baik dengan warga binaan akan tercipta suasana yang nyaman dan sejuk sehingga memperlancar tugas Babinsa di lapangan,” ucapnya.

Bahkan, melalui Komsos Babinsa juga dapat mengetahui perkembangan situasi di wilayah Desa binaan dan dapat melakukan upaya deteksi dini dan cegah dini. “Sehingga apabila ada hal-hal negatif yang berkembang bisa cepat diselesaikan,” urainya.

Sementara ditempat terpisah Danramil 0827/05 Lenteng kapten arh Catur Heri Wibowo menegaskan, bahwa komunikasi sosial adalah sarana yang tepat bagi babinsa dalam membina wilayah binaan yang menjadi tanggung jawabnya.

“Apapun yang terjadi di desa binaan babinsa dapat mengetahuinya dan mengerti,” tutur Danramil. (Red)